AJi Su Pertanyakan Biaya Cek Kesehatan Rp40 Ribu Bagi Calon Petugas Pantarlih di Kabupaten Sukabumi

TBOnline, SUKABUMI ¦ Dalam tahapan pendaftaran bagi calon petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk pemilihan kepala daerah serentak 2024 yang dilaksanakan pada 13 Juni hingga 19 Juni 2024, terdapat persyaratan pemeriksaan kesehatan bagi para calon yang mengisi badan adhoc penyelenggara pemilu ini.  

Paket pelayanan pemeriksaan kesehatan berupa cek darah dan kolesterol bagi calon petugas pantarlih di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ini dibanderol senilai Rp40 ribu di sejumlah rumah sakit, puskesmas, maupun fasilitas kesehatan, yang berada dalam kendali dan pengawasan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.Hal inilah yang menjadi pertanyaan Ketua AJi-Su (Aliansi Jurnalistik Sukabumi) Jaya Taruna, karena menurutnya standar harga pemeriksaan umum kesehatan berupa cek darah dan kolesterol di sejumlah instansi kesehatan milik Pemkab Sukabumi ini diduga kemahalan dan dikhawatirkan menjadi bancakan oknum.

Bacaan Lainnya

“AJi-Su menerima sejumlah laporan dari calon petugas pantarlih yang tengah mengikuti seleksi atau pendaftaran soal biaya cek kesehatan senilai Rp40 ribu ini, terlebih calon ini belum tentu diterima. Ini kah hajat daerah, seharusnya jangan dibebankan kepada rakyat, kalaupun masyarakat harus membayar maka wajib transparan peruntukannya. Ini bukan uang kecil karena seleksinya di seluruh kecamatan di Kabupaten Sukabumi, perhitungan AJi-Su setidaknya uang yang berputar untuk cek kesehatan ini bisa mencapai ±Rp500 juta. Kita akan mengirimkan surat audiensi ke Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi untuk mengetahui soal ini,” ungkap Jaya, Kamis (20/6/24).

Sementara itu, saat Tbo ingin mengklarifikasi soal pemeriksaan kesehatan bagi calon petugas pantarlih di Kecamatan Cidahu, pada Kamis siang 20 Juni 2024, Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cidahu Ni Nyoman Werti, serta sejumlah pihak yang bertanggungjawab di instansi kesehatan tersebut tidak berada di tempat, hanya petugas pendaftaran yang bisa dijumpai di jam kerja pelayanan.   

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *