Kabupaten Luwu Timur

Selasa, 28 November 2023 - 10:01 WIB

3 bulan yang lalu

Ada Tambang Galian Tanah Ilegal di Burau, Polisi Di Bohongi?

TBOnline, LUWU TIMUR ¤ Aktivitas Tambang Galian Tanah Ilegal Di Desa Benteng Kecamatan Burau Kabupaten Luwu-timur Sulawesi-Selatan nampak berjalan mulus meskipun tidak miliki ijin.

Ironisnya pemilik lahan tambang galian tanah tersebut berhasil mengelabui polisi.pemilik lahan berdalih jika tanah galian tersebut tidak dijual karena hanya ingin meratakan tanah untuk keperluan pembangunan rumah tempat usaha nantinya.“Kami sudah sampaikan ke Polsek Burau minta ijin karena tanahnya tidak dijual ji hanya mau diratakan saja tanahnya karena mau ditempati bangun rumah tempat usaha”, kata pemilik lahan saat ditemui di lokasi beberapa waktu lalu.

Sementara Kapolsek Burau IPTU Andi Muhtar saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu membenarkan adanya penyampaian dari pemilik lahan terkait aktivitas tersebut

“Itu lokasinya sendiri hanya dikasi rata untuk bangun ruko tanahnya tidak dijual ji luasnya juga hanya 20×30 meter”, ujar Kapolsek.

Namun faktanya berdasarkan hasil penelusuran tim media tanah galian tersebut diperjualbelikan ke masyarakat dengan harga bervariatif sesuai jarak.

“Iya saya beli dari situ 100 per ret.” Ungkap warga 28/11/2023.

Sementara warga lain juga mengaku membeli dengan harga 150 per ret.

“Kalau saya 150 per ret saya belikan tanah timbunannya”.

Untuk diketahui sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa izin resmi bisa dipidana penjara selama 5 tahun dan denda Rp.100 miliar.

Terkait aktifitas galian tanah di Desa Benteng Kecamatan Burau Aparat Penegak Hukum seharusnya segera bertindak tegas sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku di Negara Republik Indonesia. Lukmansyah

Artikel ini telah dibaca 409 kali

Baca Lainnya