Kabupaten Sukabumi

Rabu, 14 September 2022 - 11:45 WIB

3 bulan yang lalu

Foto Ilustrasi Bantuan Sosial

Foto Ilustrasi Bantuan Sosial

Ada Apa Dengan Data Penerima BLT BBM? Pentingnya Pembaharuan Data

TBOnline, SUKABUMI ¤ Sebanyak 13 Desa di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi bersikap menolak bantuan BLT BBM. Persoalanya data yang dipakai masih menggunakan data lama melalui pendataan awal Pra KS. Persoalannya, kenapa pemerintah masih memakai data lama, Sementara daftar tunggu penerima bantuan sudah antri prihal warga terkena dampak kenaikan harga BBM.

Sementara itu, di Desa Cibolang Kaler, “Sebanyak 592 Penerima Bansos dari pengajuan program PKH dan BPNT juga menerima BLT BBM dari 4 Kedusunan, namun daftar tunggu giliran cukup banyak,” jelas Kades Cibolang kaler, Asep Fadlilah belum lama ini memaparkan pada Media targetbuser.co.id, 14 September 2022.

Asep Fadillah Kepala Desa Cibolang Kaler Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi

Sampai saat ini, penerima Bansos BLT BBM masih mengacu pada data yang sudah ada dalam sistem Kemensos. Karena penerima BLT BBM melalui Kantor Pos menerima data print out saja dari Kemensos dari data yang sudah ada, artinya Kemensos harus memperbaiki kinerja terkait pendataan tetap kemudian bersinergi dengan semua pihak terkait sehingga menemukan solusi.

Ia menyayangkan, dalam penyaluran BLT BBM terkesan terburu buru kaitan dalam penyaluran seharusnya berembuk semua pihak dengan data yang sudah ada, jika tidak bersinergi semua pihak maka para kepala desa menjadi bulan-bulanan warga miskin tidak menerima hak BLT BBM.

“Makanya pembaharuan data penerima Bantuan Sosial (Bansos) agar proses BLT (BBM) tepat sasaran, tepat salur jadi solusinya serius dalam perbaikan data tetap perlunya ada pembaharuan”. HS

Artikel ini telah dibaca 311 kali

“Kebaikan Berawal dari Sini” Danone-AQUA
Baca Lainnya